Resep Membuat Lidah Kucing Spesial Sangat Renyah, Cocok untuk Lebaran

Kue lidah kucing adalah jenis kue kering yang memiliki bentuk menyerupai lidah kucing, sehingga disebut kue lidah kucing. Tekstur kue lidah kucing ini sangat renyah namun lembut. Untuk rasanya sendiri kue ini sangat lezat dan manis.

 Lidah kucing banyak disajikan untuk menjamu tamu saat ada acara atau hari besar seperti Idul Fitri. Namun tak jarang juga yang menjadikan lidah kucing untuk dijadikan cemilan sehari-hari. Selain bisa membeli di toko-toko roti terdekat, anda juga bisa membuat lidah kucing sendiri. Jika anda belum pernah mencoba membuat lidah kucing sendiri, anda bisa mempelajari pembuatan lidah kucing berikut untuk dijadikan panduan. Untuk lebih jelasnya di bawah ini adalah ulasan resep lidah kucing yang bisa anda ikuti :

Berikut bahan utamanya
  • 600 gram tepung terigu protein sedang.
  • 600 gram mentega.
  • 350 gram gula halus.
  • 1 sendok teh vanili.
  • 50 gram susu bubuk rasa vanilla.
  • 2 sendok makan gula pasir.
  • 4 butir telur (ambil putihnya saja).
  • 2 butir telur (ambil kuningnya saja).

Resep Lidah Kucing
  1. Campur gula halus, mentega dan vanili, lalu aduk menggunakan mixer hingga berubah warna menjadi pucat.
  2. Setelah itu masukkan kuning telur dan kocok lagi menggunakan mixer berkecepatan tinggi, hingga adonannya dari kue ini mengembang dan berubah warna menjadi putih.
  3. Masukkan tepung terigu yang telah di ayak sedikit demi sedikit sambil terus diaduk adonannya menggunakan mixer yang berkecepatan rendah saja.
  4. Jangan lupa untuk memasukkan susu bubuk, dan campur hingga rata.
  5. Siapkan satu wadah lagi untuk mengocok putih telur dan gula halus, kocok hingga berbusa dan adonan kaku.
  6. Campur adonan putih telur sedikit demi sedikit pada adonan utama, aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata.
  7. Siapkan plastik segitiga yang ujungnya sudah diberi lubang dan diberi spuit polos pada ujungnya.
  8. Masukkan adonan pada plastik tersebut.
  9. Lalu siapkan loyang lebar pipih yang telah diolesi mentega dan diberi sedikit taburan tepung terigu. Lapisan ini berguna agar lidah kucing tidak lengket saat diangkat nanti.
  10. bentuk adonan di atas loyang dengan bentuk memanjang. Caranya adalah dengan menekan plastik yang berisi adonan lidah kucing tersebut.
  11. panggang lidah kucing dalam oven bersuhu 160 derajat selama 20 menit.
  12. Tips agar cara membuat lidah kucing berhasil dibuat dengan sempurna adalah jarak lidah kucing saat dipanggang jangan terlalu dekat, agar lidah kucing dapat mengembang dengan sempurna. Selain itu suhu oven dan lama pemanggangan juga harus tepat. Pada saat ini sudah banyak tersebar resep lidah kucing ncc dengan berbagai kreasi. Mulai dengan memberi taburan atau toping di atas kue lidah kucing. Taburannya bisa berupa keju parut, choko chip, sukade atau bahan lain sesuai selera.
  13. Selain itu yang sedang booming saat ini adalah resep lidah kucing keju enak. Pada dasarnya lidah kucing biasa dengan lidah kucing pelangi sama. Yang membedakan hanya jika pada Lidah kucing pelangi menggunakan tambahan pewarna makanan berbagai warna pada adonannya. Dan cara membentuk lidah kucing rainbow yang berlapis agar terlihat seperti pelangi. Semoga tata cara membuat lidah kucing di atas dapat membantu anda yang ingin membuat lidah kucing sendiri.




Sumber : sukamasaknet
Tag : Cemilan, Kue
Back To Top