Resep dan Cara Membuat Bolen Pisang Keju Coklat No Korsvet Aromanya Harum Serumah dan Rasanya Menggoyang Lidah🍌

Pisang lagie ^-^...Liat pisang dah kematengan jdnya gatel pengen ngolah buat sarapan pagi ini..Inget kukmark bolen pisangnya mba Euisdeja...jadilah pagi ini ngeroll adonan...iyah, perjuangan banget tapi pas bolennya kluar oven, langsung girang krn syantik bgt, aromanya harum serumah dan rasanya menggoyang lidah...PUAS dan gk perlu beli bolen lagiee deh haha..

Bahan-bahan

Bahan A:

100 gr tepung terigu protein tinggi (aku pake cakra)
1 sdm minyak goreng
75 gr margarin (aku pake blueband serbaguna)

Bahan B:

200 gr tepung terigu protein tinggi (aku pake cakra)
30 gr gula halus (aku blender gulpas hehe)
75 gr margarin (blueband serbaguna)
80 ml air dingin

Filling:

secukupnya keju cheddar potong dadu (kraft)
4 bh pisang raja sereh matang (bagi msg2 4)

Olesan:

1 bh kuning telur
1/2 sdm susu bubuk + air sedikit

Topping:

secukupnya keju parut memanjang

Langkah pembuatan :

  1. Campur bahan A hingga kalis. Bagi dan bulatkan menjadi 16. Diamkan selama 10 menit di kulkas.
  2. Campur bahan B hingga kalis. Bagi dan bulatkan menjadi 16. Diamkan selama 10 menit di kulkas.
  3. Ambil adonan B. Gilas. Taruh adonan A di tengahnya, lipat seperti amplop kemudian gilas. Lipat lagi seperti amplop kemudian gilas lagi. Lakukan sampai semua adonan habis.
  4. Ambil adonan yg sudah digilas kemudian letakan pisang di tengah, tambahkan keju yang sudah dipotong dadu dan lipat lagi seperti amplop. Lakukan sampai habis.
  5. Panaskan oven selama 15 menit dgn suhu 180 dercel api atas bawah.
  6. Oles loyang dengan margarin dan letakan bolen di loyang. Lalu oles bagian atas bolen dengan bahan olesan. Panggang selama 15 menit.
  7. Keluarkan bolen dari oven. Oles lagi dengan bahan olesan dan taburkan keju parut di atasnya. Panggang selama 20 menit api bawah dan 10 menit api atas (tergantung suhu oven masing2).
  8. Keluarkan bolen dari oven. Dinginkan di suhu ruang. Lalu bisa di simpan di wadah kedap udara dan masukan ke kulkas. Happy rolling and baking ^-^.

Note: 
1. Filling dan topping bisa diganti meises/dcc. 
2. Saat mencampur adonan B, tuang air dikit2 sampai kalis. Saya msh menyisakan sedikit air dingin. Karena semua tergantung kelembapan tepung. 
3. Bahan oles harusnya susu cair tapi saya gk punya stok. Ada juga yg ditambahin madu. Tapi saya gk gunakan madu dan ternyata bolen saya tetep syantik hihi.
Tag : Cemilan, Kue
Back To Top