Resep Membuat Permen Jelly Kristal dari Agar Agar,Cemilan Favorit Anak-anak di Rumah.

Hore berhasil bikin permen jelly agar-agar. Padahal sempet pesimis karena saat penjemuran hujan terus dan akhirnya beberapa hari ini panas terik si agar cantik jadi kering dan mengkristal gulanya. Kalau malam aku taruh saja diatas kompor biar tidak disemutin bun.

Cara membuat permen jelly ala rama yanti modalnya setiap bahan kan harga tergantung daerah masing-masing bun soalnya berbeda. Agar-agar swallow 4500 per bungkus x 6 bungkus dan gula kurang lebih 1 kilo 13 ribu. Aku habis modal kurang lebih 40 ribuan. Aku pakai agar swallow campur agar rasa bun, kan kalau agar rasa sudah ada rasa dan warnanya tapi tetap ditambahin pewarna makanan juga supaya pas dijemur warnanya tidak terlalu memudar.

Resep Permen Jelly

Bahan:

1 bungkus agar-agar bisa pake merk apa saja
(aku pakai swallow dan agar rasa)
1 gelas gula
1 gelas air
beberapa tetes pewarna

Cara Membuat Permen Jelly

Masak seperti agar-agar biasa.
Setelah mendidih tuang ke loyang apa saja.
Setelah beku lalu potong-potong dan jemur sekitar 3 sampai 4 hari tergantung panas matahari.
Saat menjemur jangan lupa ditutup pakai tudung saji atau apa saja supaya tidak terkena debu dan tiap hari dibolak balik supaya cepat kering.

Tips Membuat Permen Jelly

Cari pewarna yang terang, karena saat dijemur warna akan memudah tapi tetap gunakan pewarna makanan yang aman ya bunda.

Yang aku buat ini dapat 1,1 kilo bersih setelah kering. Aku pakai 6 bungkus agar-agar > 4500 x 6 = Rp.27.000, Gula pasir 1 kg = Rp.13.000 dan Toples Rp.5000 per pc yang ukuran 250 gr.

Unik banget gulanya keluar sendiri setelah dijemur 3 sampai 4 hari bun. Dicoba saja buat biar tahu hasilnya dan pasti senang dengan hasil sendiri. Pewarna makanan yang dipakai untuk bikin permen jelly aku pakai merk kupu-kupu, merah cabe, hijau tua, yang 1 lagi pink tapi pudar warnanya saat dijemur. 

Terserah bunda mau ditambah pewarna lagi atau tidak, karena kalau hanya pewarna dari agarnya saat dijemur warnanya akan memudar, tergantung selera sih bun. Itu ada 3 warna, 1 warna aku bikin 2 bungkus agar-agar, total 6 agar, 6 gelas gula, 6 gelas air. Setelah kering dan aku timbang berat bersihnya 1,1 kilo bun.
Tag : Cemilan
Back To Top