Serunya Menunggu Hasil Tempe Homemade Buat Sendiri, Buat Bunda yang Mau Bikin Juga Klik Disini Ya!

Teman-teman mbakyurop menyebutnya ini adalah makanan mewah disini buat kami karena saking langkanya bahkan di daerah saya memang tidak ada yg jual. Sebagian teman2 yg tergabung dlm komunitas mbakyurop uda pd sering trial dan bahkan sekara ada yg jadi juragan Tempe di perancis, sayang jauh dari tempat saya.

Kalau deket aja tinggal pesen 😂. Akhirnya karena sering sharing resep2 di komunitas ini saya bisa uji coba skalian uji nyali gt bikin Tempe homemade 😁. Not badlah untuk trial pertama kali walopun klo disuruh milih saya mendingan bikin pastry ato decor cake...pegel boo 😅

Bahan-bahan:
1 kg kacang kedelai
1 sdt ragi Tempe (bisa beli di penjual Tempe)
Plastik / daun /aluminium foil (tinggal di pilih)

Langkah :

Rendam kedelai selama 1jam lalu rebus 1/2 matang ± 25-30 menit lalu rendam semalam (proses ini penting untuk mempermudah pengelupasan kulit ari)
Cuci bersih lagi kedelai yang sudah di rendam semalaman sambil diremas remas buang kulit arinya dan biar belah belah
Caranya agar kulit ari terangkat dengan mudah adalah membiarkan air kran mengucur sembari meremas2 kedelai atau disaring perlahan2 dg menggunakan penyaring (proses ini memang di perlukan kesabaran karena untuk mengupas kulitnya hingga bersih saya memakan waktu kurleb 2jam, pegel? pasti...tp hasilnya bikin kt tercengang 😂)
Setelah bersih rebus lagi sampai matang (perlu di cicip) ya ± 25-30 lalu tiriskan dan biarkan di angin2 agar benar2 kering

Setelah benar2 kering taburkan ragi aduk aduk biar merata raginya (ingat pastikan harus rata).
Lalu bungkus pakai apa pilihannya (daun / plastik /aluminium foil) Padatkan waktu membungkus biar hasil tempe padat
Setelah semua di bungkus tusuk tusuk beberapa bagian bungkus pakai tusuk Gigi. -Simpan di tempat tertutup dan bungkus atau selimuti dengan kain bersih (saya menyimpannya dalam rak di dapur karena lebih hangat).


Resep dari : 
Back To Top