Resep Homemade Ayam Bakar Bumbu Kencur Khas Pekalongan Yang Wajib Kamu Coba 🐓

Makanan Daerah merupakan Resep Masakan yang paling banyak di cari oleh kalangan masyarakat khususnya para pecinta kuliner. Kali ini saya akan bagikan salah satu resep masakan daerah yang enak dan lezat. Resep masakan ini berasal dari Jawa Tengah yaitu Resep Masakan Ayam Bakar Bumbu Kencur.Ayam bakar bumbu kencur meruapakan salah satu masakan khas dari Pekalongan, Jawa Tengah.

Dimasak menggunakan bumbu kencur serta diungkep dengan santan menjadikan ayam bakar ini lezat dan gurih yang pastinya anda menyukai resep masakan tersebut. Jawa Tengah disamping memiliki budaya yang indah ternyata juga memilki kuliner yang tak kalah lezatnya dengan yang lain. Kuliner Ayam Bakar Bumbu Kencur Tersebut sudah banyak kita jumpai disana.

Rasa ayam bakar yang lezat dipadu bunbu kencur yang khas membuat Resep Masakan ini banyak diminati. Bagi anda yang ingin menikmatinya anda tidak perlu jauh-jauh datang ke pekalongan. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan dan cara membuatnya pun juga tebilang mudah jadi anda tidak akan menemui kesulitan untuk membuat resep masakan tersebut. Tak perlu banyak bicara lagi langsung saja yuk kita lihat bahan dan cara membuat resep masakan ayam bakar bumbu kencur tersebut dibawah.


Bahan-bahan

2 potong paha ayam
4 buah rempela ati
secukupnya usus

Bumbu halus :

6 buah bawang merah
5 buah bawang putih
5 buah kencur
1 potong jahe
3 buah cabai besar
4 buah kemiri
2 sdm ketumbar bubuk
1 potong kunyit

Bumbu lainya :

1 potong lengkuas geprek
3 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
secukupnya gula merah
secukupnya garam
minyak goreng buat menumis
1 saset santan kara
secukupnya air

Langkah

Cuci bersih ayam lalu rebus sebentar n buang airnya...sisihkan
Tumis bumbu halus beserta bumbu lainya aduk ampe berbau harum n agak kering lalu beri air secukupnya...masukkan ayam lalu bumbui dengan garam...gula merah...santan kara...ungkep ayam sampai bumbu meresap kedaging n ayam empuk..test rasa jika dah pas...matikan kompor ayam siap dibakar dengan dioles dengan sisa bumbu
Sajikan bersama nasi hangat n pelengkap sesuai selera

Selamat mencoba semoga bermanfaat...!!

Resep oleh:  
Tag : Ayam, Lauk Pauk
Back To Top