Kalo Udah Masak Yang Begini Jadi Mau Makan Terus. Dagingnya Empuk dan Bumbunya Itu Bikin Nagih Bund

Sekitar 12 tahun yang lalu, di pesta pernikahan om saya nemu rendang yg enak bgt, beda dg rendang kebanyakan, langsung deh ibu saya nguber minta resep sama si pembuat rendang itu yang gak lain adalah mertua om saya, alhamdulillah si empunya resep dg senang hati membagi resep andalannya.

Jadilah sejak saat itu resep rendang itu dipakai ibu saya lalu saya sampai sekarang, menurut saya bikinnya gak ribet, gak perlu pake kelapa sangrai yg ditumbuk sampai berminyak jg gak pakai bejibun rempah, tapi rasanya dahsyat, yg pernah makan rendang buatan saya rata 2 pd suka dan lalu minta resepnya untuk dipraktekkan dirumah.

Ohya, mertua om saya itu orang Padang asli, beliau sdh sepuh, kemana2 pakai kursi roda tapi sampai skrg masih sanggup masak aneka masakan minang yg sedap2 dg duduk dikursi rodanya. Makasih banyak ya nek, ijin tulis ulang resep nenek di cookpad, semoga bermanfaat bagi sesama.

Bahan-bahan:

  • 1 kg daging sapi, iris2
  • 2 butir kelapa parut (resep asli 3 butir)
  • 2 batang serai, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun kunyit
  • 1 liter air kelapa
  • 1 liter air

Bumbu halus:
100 gram bawang merah
5 siung bawang putih
1 ruas jempol jahe
100 gram cabe merah keriting
Langkah

Siapkan semua bahan, Peras kelapa parut dengan air kelapa, tambahkan air biasa peras kembali ambil kentalnya saja.

Didihkan santan, masukkan bumbu halus, daun kunyit, daun salam, daun jeruk dan serai, aduk rata.

Masukkan daging, aduk2 sampai rata, bumbui garam & sedikit gula, masak sambil terus diaduk sampai santan menyusut dan daging berwarna coklat kehitaman kurleb 2-3 jam, angkat, sajikan. Makin sering diangetin makin enak. (saya belum sampai coklat sudah diangkat, keburu lapar 😂).
Tag : Lauk Pauk
Back To Top